UNIVERSITAS GUNADARMA

UNIVERSITAS GUNADARMA

Selasa, 21 Desember 2010

Hipnotis

Mitos dan kenyataan dalam dunia hipnotis
v  Sekilas tentang hipnotis !
Apakah itu hipnotis?
Sebuah fenomena yang cukup paradox dimana keadaan fisik anda terasa sangat rileks, nyaman, namun anda tetap dalam keadaan sadar. Menurut teori ketika anda mengalamihipnotis, aktifitas otak anda berada pada kondisi yang menyerupai keadaan bengong dan melamun. Dalam kondisi ini, pikiran anda menjadi sangat sensitive terhadap visualisasi dan sugesti. Jadi, apabila sang master hipnotis menyuruh anda dengan member sugesti untuk melakukan sesuatu, pasti akan anda lakukan. Hipnotis juga, merupakan sebuah pengalaman subjektif yang berbeda-beda dari satu orangt keorang lain. Bayangkan ketika seseorang dihipnotis, ada yang merasakan ia sedang berada dalam ruangan yang nyaman, tenang dan rileks. Ada juga yang mengatakan bahwa sewaktu ia dihipnotis, ia seperti merasakan tubuhnya yang semakin nyaman dan semua rasa capek dan pegal hilang berganti dengan rasa nyaman. Ada juga yang mengatakan bahwa seseorang dihipnotis, ia merasakan seperti dalam keadaan mimpi, namun ia tetap sadar karena ia masih bisa mendengar suara orang disekeliling. Intinya setipa orangt yang dihipnotis merasakan sensasi yang berbeda-beda, tergantung dari diri mereka masing-masing.
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSEa-hb1oXkNN39Ff0MdZMca9zJBVKyYLccSo9JY_AFuG_BSbt04g
Terkadang banyak orang yang berfikir tentang hipnotis untuk belajar? Dan banyak pertanyaan untuk melakukannya?
·         Siapa bilang belajar hipnotis itu sulit?
·         Siapa bilang belajar hipnotis itu mahal?
·         Siapa bilang belajar hipnotis itu lama?
·         Apakah saya bisa dihipnotis?
·         Apakah saya bisa belajar melakukan hipnotis seperti di TV?

v  Membedah mitos seputar hipnotis

Mitos masyarakat selama ini yang memandang hipnotis sebagai media untuk melakukan kejahatan tampaknya perlu diluruskan. Hal ini disebabkankarena sebenarnya hipnotis berfungsi untuk melakukan aksi kejahatan, memperdaya orang, menipu orang, membuat orang merasa tak berdaya, dan sebagainya. Akan tetapi sebaliknya, hipnotis merupakan sebuah kemampuan yang bisa digunakan untuk member manfaat bagi kehidupan diri sendiri maupun orang lain.

v  Hipnotis berbeda dengan kekuatan mistik atau gaib

Sebelum saya mmbahas tentang hal ini, silahkan anda renungkan terlebih dahulu suatu hal yang berkaitan dengan ilmu hipnotis dan kekuatan mistik/gaib. Benarkah ketika anda sedang menghipnotis subjek atau ketika anda sedang melakukan hipnoterapi kepada seseorang, anda membaca sebuah mantra/membakar sebuah kemenyan atau seputar hal-hal lainnya yang berhubungan dengan keduanya. Bila tidak hal seperti ini masih saja dipertanyakan? Masih saja ada orang yang mempercayai bahwa hipnotis selalu berkaitan dengan kekuatan mistik/gaib? Padahal jawabnya kita sudahtahu sendiri bahwa hipnotis yang selama ini kita kenal, jauh berbeda dengan hal-hal yang berbau mistik/kekuatan gaib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar