UNIVERSITAS GUNADARMA

UNIVERSITAS GUNADARMA

Selasa, 09 November 2010

kedunia lain

Semua memang sangat lah benar-benar aneh, ia yang kini terpuruk dalam kegelapan, mencari celah cahaya dimana seakan-akan sunyi dari keramaian, berlari-lari diatas pecahan kaca yang berapi yang meliputi panas, merasakan sakit & perih.
Sesosok manusia yang luguh akan segala hal kini menjadi hancur penuh dengan keputus asaan & perubahan besar? Kebahagyaan yang ia raih, bukan lah semata-mata karena ridho’a allah swt yang menciptakan’a?
Melainkan dengan cara lain yang ia tempuh dengan cepat? Ia merasa dunia ini memang lah tak adil untuk’a..
Kecantikan, ketampanan, kemewahan, sahabat, dll adalah permainan yang bermain dibelakang’a dengan mantra.
Ia berfikir tak ada yang menyayangi’a, semua dihadapan’a bagaikan musuh yang menjepit anugrah yang seharus’a datang untuk’a?
Dan ia mengatakan tak pantas diciptakan & hidup ditengah-tengah manusia yang begitu suci, jikalau pantas ia hanya jadi makhluk yag mati.
Karna tempat’a begitu sangat amat sempurna. Ia yang disisihkan dari sekeliling makhluk allah, ketidak sempurnaan menjadi bentuk diri’a, kepalsuan meliputi gambar?, kebodohan adalah kepedihan untuk’a.
Setiap kata & sikap yang ia lakukan semua adalah kesalahan besar yang kecil menjadi besar?
Merasa tak dicintai & disayangi allah swt…Kematian yang ia harapkan?
Berusaha menghindar dari dunia allah, Mencoba untuk hidup ditempat lain?
Dengan cara menjual surga lalu memilih neraka.
Semua’a memang akan indah bila ia menengok dari wujud lain.
Syirik ( dukun ) yang ia lakukan demi kebahagyaan duniawi, tak memikirkan akherat ( allah ).
Menurut’a kebahgyaan yang kini datang hanya dari syirik, yang datang merubah segala kekurangan’a menjadi sempurna dimata yang lain?
Membeli perhatian agar semua peduli dengan’a.
Begitu lah hidup yang kini ia rasakan amat indah bila terus diukir dengan permainan mantra setan yang sampai sekarang adalah musuh allah swt.

Kamis, 04 November 2010

" GURU ditiru & digugu "

pujian & pujaan terhadap guru seabreg-abreg banyak'a, yang menandakan kemulian bagi personil'a, lihat saja pameo-pameo seperti guru pahlawan tanpa tanda jasa, guru pelita dalam kegelapan, guru laksana embun penyejuk dalam kehausan, dll. Apalagi pada masa penjajahan, guru merupakan sumber informasi utam bagi para pejuang & pemompa semangat yang dahsyat bagi kader" pergerakan kemerdekaan bangsa!!
Dan guru bisa menjadi sumber inspirasi bagi mereka untuk menyusun taktik & strategi politik dalam menghadapi kaum penjajah. benar guru adalah pencetak generasi harapan bangsa, guru pencetak pemimpin masa depan , guru pencetak teknokrat papan atas, guru pencetak agen" pembangunan peradapan, & guru adalah pembangun jiwa serta badan anak" bangsa!! betapa mulia & bangga menjadi seorang guru.
Pujian & pujaan serta kebanggaan yang berlimpah itu hendak'a diimbangi dengan senantiasa meningkatkan kuaitas diri dari seorang guru. karena guru meupakan sosok yang selalu Digugu & Ditiru. pepatah mengatakan " guru kencing berdiri murid kencing berlari " oleh sebab itu jangan sampai guru kencing berdiri karena murid akan kencig menari.
Perlu diketahui bahwa guru adalah generasi pertama yang hidup dijaman baruyang menawarkan piliha masa depan yang tak terbatas, duniamurid ini sangat berbeda dengan jaman ketika kita menjadi murid. saat ini murid" dihadapi denga kosep yang sangat dinamis & kreatif. jika kita tidak melakukan perubahan maka para guru akan tertindas oleh marak'a murid yang anrkis.
maka kita harus menghormati & menjaga'a dengan baik.
Oleh karena itu mari kita buka kepala kita ( Open mind ) optimalkan kerja seluruh panca indra kita & mulai lah kita belajar bersama" untuk menghadapi masa depan yang unpredictable.
Ada apa dimasa depan?
global sudah menjadi kesepakatan pilihan kita, mari kita coba meneropong masa depan?
  • TANTANGAN 
kesadaran global : isu" lingkungan, HAM, Ekonomi global dll.
  • PENCARIAN MUTU
tantangan masa depan lain'a para guru adalah peningkatan mutu.
  • PELUANG
masa depan bukan hanya menantang kita tapi juga memberi peluang kepadea masyarakat.
pedagang bebas, teknologi tinggi
  • ANCAMAN
sekularisme, deakhlaqisasi.


" Cewek Juga Harus Bisa Teknoogi & Informasi "

Apa motivasi jadi anak TI?
untuk TI sendiri saya melihat sangat luar biasa untuk peluang kerja'a dan juga untuk berwirausaha, karena zaman sekarang semua pekerjaan menggunakan sistem komputerisasi. bukan manual lagi, sehingga membantu kinerja pegawai dan juga perusahaan bersangkutan. dengan besar'a peluang tersebut membuat saya optimis bisa menggenggam impian.
Buat cewek, emang'a TI itu penting?
sangat penting, apalagi masih banyak minim cewek kerja di IT. kan kalo kerja harus punya modal atau yang kita sebut bekel yang mantap, karena sekarang semua'a serba tekno. gak tau TI bakalan ketinggalan dan tergerus oleh zaman. pasal'a persaingan sangat ketat, diluar sana kita harus bersaing menghadapi orang" yang pasti lebih siap dari kami.
Biasanya TI identik dengan cowok?
Oh ya, saya ingin merubah paradigma dimasyarakat bahwa TI itu gak gak selalu dikuasai oleh kaum" cowok. saya ingin membuktikan bahwa cewek, terutama mahasiswa gunadarma, juga bisa TI dan kedudukan'a bisa seimbang dalam hal kemampuan. jadi, kedepan saya bisa bersaing dengan cowok.
Apa ajja sih peluang kerja buat anak TI?
banyak, diantara'a programmer, sistem analysis, instruktur komputer, web desain, sekretaris, karir, dsb.
yang pasti kalo kita punya skill peuang kerja pasti ada dan banyak. dan terkadang peluang cewek lebih besar dari cowok, karena ada berapa sisi cewek punya keunggulan.
Terus apa target'a?
semua mahasiswa harus bisa jaringan komputer dan faham apa itu TI.
karena disini saya dibrikan kemampuan teknikal & wirausaha. dan diharapkan setelah lulus mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, bahkan membuka usaha sendiri seperti service komputer, warnet dsb.
Ada pesan" buat pembaca wartawarga?
soal skill jangan takut kalah sama cowok.
Oke deh, intan cuman mao ngucapin terus semangat untuk menggapai impian masa depan!!

Tetap Pede Dengan Jerawat

Teman, btw kenapa yah zaman sekarang banyak remaja yang nggak pede cuma karena jerawat.
emang sih, jerawat bikin kita bete dan malu, tapi sebenar'a wajar ajalah kalo kita sekarang sekarang ada jerawat'a, cos kita ini kan masih dalam masa pertumbuhan.
secara biologis'a, pertumbuhan tubuh kita tuh ada 4 tahapan, dimulai dari kita bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa.
bagi kamu yang dulu'a anak IPA pasti tau lah...
dan ini juga buat pelajaran untuk anak ekonomi yang dulu'a dari jurusan berbeda dan tak menemukan pelajaran biologi dengan banyak.
nah, sekarang ini kita berada pada masa remaja meranjak dewasa, jadi nggak usah heran kalo jerawatan. cos dalam pelajaran biologi dijelaskan bahwa kulit kita itu kan mempunyai 3 lapisan yang masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda-beda. yaitu yang biasa kalian kenal dengan epidermis dan jaringan lemak.
si dermis ternya memilki 3 bagian lagi yang berbeda-beda, yaitu kelenjar minyak, collagen, dan elastin. kalo kalian nyimak pasti akan berfikir kritis, apa sih tugas-tugas'a si dermis itu? didalam dermis, collagen and elastin tugas'a gotong-royong bro...
yaitu sama" berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.
kalian pernah berfikir gak kenapa sih orang dewasa kalo umur'a udah menjelang 30-an kulit wajah'a mulai mengkerut.sebenar'a itu dikarenakan collagen and elastin mulai mengendur yang membuat kerut-kerutan diwajah.
trus, kalo kelenjar minyak sendiri tugas'a adalah memproduksi minyak biar kulit kita tetap dalam keadaan lembab. nah, pas dewasa kelenjar minyak semakin membesar makan'a kulit wajah kita selalu berminyak.
hmmm...dari situlah jerawat muncul.
kalian pasti'a bakalan bertanya lagi, apa hubungan'a dengan semua itu? begini, jerawat muncul karena pori" kulit wajah kita yang tersumbatoleh sel-sel kulit mati yang bercampuran dengtan kelenjar minyak tadi hingga tumbuh lah jerawat.
Teman, ternyata jerawat itu terbagi 2 lho : jerawat putih ( biasa ) and jerawat meradang ( merah ). dan yang membuat jerawat tambah parah karena didekati bakteri yang nama'a bakteri acne. but, bagi kalian yang punya jerawat gak perlu khawatir, gampang ajja cara mengatasi'a.kalian dapat menggunakan bahan" alami seperti daun jambu, karena menurut para ilmuan ternyata daun jambu berkhasiat mengurangi jerawat yang muncul.
kalo cara mencegah'a? solusi'a yaitu makan"an yang sehat, tidur yang cukup dan hindari stres. apa lagi sebentar lagi kita mao uts. pasti kita harus banyak" belajar dan otak kita benar" terpakai untuk berfikir.
dan bagi kamu terutama cowok yang jarang banget merhatiin hal besar dan dianggap kecil ini, yang suka makan kacang", kalo bisa dikurangin deh sebab itu berpengaruh terhadap kondisi wajah.
lhoo.... kok kayak'a ada yang gak konek yah? hehehe.. nama'a juga karangan, narsis dikit gak apa" khan...semoga bermanfaat.

Selasa, 02 November 2010

tips peraktis merawat kecantikan

ingin cantik tapi gak mahal?
gampang kok.
dizaman dulu/nenek moyang kita mengajarkan kita untuk menggunakan tumbuh'an tradisonal agar terlihat cantik.
setiap wanita pasti sangat mendambakan penampilan cantik bukan? sehat & menawan.
bayangkan, wanita mana yang tidak percaya diri bila mereka memiliki rambut yang indah, kuku menarik,dsb. karena itu wajar kalau wanita yang ela membayar mahal dan bersedia menghabiskan banyak waktu mereka disalon-salon kecantikan kenamaan. :)
nah tapi jangan salah, tidak sedikitpun juga wanita bisa tampil cantik dan penuh aura tanpa mereka harus pergi keluar-masuk alon, atau berkonsultasi dengan para ahli kecantikan & kesehatan. berkat ketelatenan dan kemauan besar, banyak jga wanita yang berhasil mempercantik tubuh & diri mereka hanya dengan menggunakan bahan alami, atau bersedia mengenal sedikit dasar' pengetahuan tentang kecantikan.
misal'a menghaluskan tangan dengan satu sendok kopi yang diberikan air sedikit & dilakukan setiap pagi.
atau maskeran dengan buah strawberry & daun sirih jga bisa dipergunakan untuk menghilangkan keputihan/obat berkhasiat lain'a.
nah maka'a kita harus memanfaatkan yang ada dan lebih peraktis + murah, bahkan gak akan bikin kantong kita kempes terus untuk kesalon. :) makan'a temen' kalau bisa manfaatin dulu yang ada.
dan jangan terlalu maksain diri untuk kesaln kalau gak ada uang & kalau ada uang banyak baru deh yang mahal.
hehehehe... by: Marintan Kurniati

wartawarga " curhat "

kata maaf terlontar dari hati nuraniku, bulan suci ramadhan berikan aku kekuatan & keimanan, waktu berlalu, masa berjalan, pula bukan warna yang beraneka pula bukan hati yang tersisi.
maaf yang luar biasa & ucapan terima kasihku untuk sang mamah & ayah.
aku yang kini terlahir dengan cinta yang terindah dari sepasang orang tua yang baik,sabar & bertanggung jawab yang disertai kasih sayang yang luar biasa telah diberikan oleh allah swt.
hidup ditengah" cinta & kasih sayang.
terlahir sempurna dengan keistimewahan yang meliputi keanugerahan hidup.
terpesosor'a angin dari pantai barat pelabuhan ratu ( sukabumi ) muncul lah seorang gadis cantik yang terlahir ditengah' desa yang indah.
21 maret 1992 bayi perempuan kecil, mungil, lucu, menyambut dunia dengan tangisan seorang bayi (eyak") dan senyuman bibir manis yang tak dilumuri dosa.
memberikan kebahagyaan untuk semua keluarga.
dan ia menggemakan telinga & menggetarkan jantung.
dan terpesisir kegelapan ditengah malam, aku datang dari tempat terindah yang nyaman tak semua dapat melihat dan merasakan tempat yang menjadikanku seorang manusia " perut seorang ibu "
dengan segala kesucian hati bertaruh nyawa dan hidup.
karena cinta & sayang'a, maka terlahir lah banyak seorang bayi.
terima kasih ya allah kau hadirkan orang tua dan aku. :)

racun cinta

“ Racun cinta ”
Hatiku kini bimbang harus memilih diantaranya,
aku yang kini menjadi miliknya dan aku yang kini mencintai orang lain…
Didalam hati ini tak dapat memilih diantaranya merekalah yang terbaik,
walau kutak sanggup menghadapi semua ini..
Cinta..
Ratapanku hanya untukmu..

sepasang mata untuk cinta yang buta

Kumpulan cerita pendek dari sebuah karangan Noor H.Dee.
Aku begitu sangat menyukai cerita tentang karangan’a yang berjudul “ SEPASANG MATA UNTUK CINTA YANG BUTA “
Cerita’a sangat menarik untuk segala kalangan, contoh’a saya seorang mahasiswa gunadarma yang bernama Marintan kurniati saat membaca awal’a saja sudah penasaran.
Karena cerita yang tersaji sangat misterius dan sulit ditebak, berawal’a perasaan saya takut, aneh dan membingungkan tetapi memunculkan rasa kagum dan iri atas segala cerita dari judul ini. Sempurna dan amat sangat sempurna dari segala kekurangan’a.
Cinta lahir tanpa mata. itu sebab’a cinta tidak pernah tau seperti apa rupa cahaya. Hanya kegelapan yang menyertai kehidupan’a. pagi, siang, senja, malam, bagi’a sama saja. Gulita. Tetapi, seiring dengan berjalan’a waktu, akhir’a cinta mengerti juga betapa pagi dan malam tidaklah sama. Cinta mengetaui hal itu melalui semesta suara. Suara-suara dipagi hari amatlah berbeda dengan suara-suara yang didengar’a dimalam hari.
Cinta memang buta, tetapi cinta masih memiliki kedua telinga untuk mendengar segala jenis suara. Cinta mengetahui banyak hal dengan mendengar. Cinta melihat dunia dengan kedua telinga.
Cinta adalah seorang gadis buta yang cantik, rambut’a sebahu, hitam, dan bergelombang. Hidung mancung dan bibir’a berwarna tomat, kulit tubuh’a halus dan putih, seputih kumpulan awan-gemawan yang selalu bergulung-gulung melintasi cakrawala. Belum lagi leher, dada dan kaki’a yang terlihat begitu indah dan menakjubkan untuk dimiliki seorang gadis seusia’a. cinta memang cantik. Cinta memang memiliki tubuh yang bias dikatakan hamper sempurna. Tetapi apakah masih penting untuk’a jikalau tak memiliki sepasang mata dan tak dapat melihat segala’a. bahkan untuk melihat sesosok diri’a yang amat jadi idaman pria pun tak dapat dibayangkan oleh’a sedikit pun. Dia tau tentang segala’a hanya dari seorang sahabat yang rela dan mao menceritakan segala isi dunia kepada’a. ratih, adalah sahabat’a, bahkan sering kali ia bilang cinta kamu sangat lah cantik. Sahabat yang dikasihi’a sagat bangga bias menjadi sahabat cinta.
“kamu cantik, cinta.”
Terus terang aku sudah tak terhibur lagi. Aku sedih setiap kali kamu berkata seperti itu? Katakana lah kepada mereka yang memiliki mata.
“tapi kamu memang cantik, cinta. Sungguh, aku tidak berbohong.”
“ percuma, ratih. Aku tidak akan pernah bias mengetahui’a.aku kira kamu hanya ingin menghibur hatiku saja. Kamu taiu aku memiliki kekurangan,kmu tau aku cacat,lantas kamu meras iba kepadaku.kamu bilang wajahku cantik,agar aku bias sedikit melupakan kecacatan diriku,bukan?kamu hanya menghiburku, ratih. Kamu hanya ingin menghiburku.”
“astaga!mengapa kamu bias berkata seperti itu? Kamu cantik, cinta.kamu cantik dan aku tidak bohong akan hal itu.”
“ah, seandai’a aku juga tau…”
“cinta.”
“hmm.”
“aku mencitaimu, cinta.”
Tentu saja cinta juga mencintai ratih. Dari bibir ratih cinta jadi tau lebih banyak tentang dunia.
Setiap hari tratih memang selalu bercerita. Ada kala’a ratih bercerita tentang laut,rembula,matahari,dan bintang. Ada kala’a ratih juga bercerita tentang gunung, hutan, bunga dan rerumputan. Melalui kiah-kisah yang diutarakan ratih itulah akhir’a cinta bias tahu bahwa gajah adalah binatang bertubuh besar yang memilki telinga lebar dan hidung panjang. Gara-gara dari cerita ratih itu akhir’a cinta bias menduga-duga seperti pa rupa kupu-kupu,semut,kucing dan segala jenis fauna lain’a. cinta mencina ratih dalam kegelapan. Dalam kegulitaan’a itulah cinta merasa betapa ratih begitu berharga bagi diri’a.
Cinta lahir tanpa mata. Itu sebab’a cinta terkurung didalam kamar’a. kedua orang tua’a adalah sepasang manusia yang menuhankan kesempurnaan. Kehadiran cinta dalam keluarga’a tentu saja tidak diharapkan. Meskipun cinta terlahir sebagai bayi yang sangat cantik, lucu dan menggemaskan, tetap saja ada sebongkahan kekecewaan didalam hati kedua orang tua’a. Cinta lahi tanpa mata, sehngga kedua lubang mata’a itu tampak kosong serupa lorong hampa yang gulita, serupa persimpangan jalan yang lengah lewat pada tengah malam. Bayi yang lahir tanpa mata adalah bayi yang tidak sempurna.tidak sempurna adalah cacat.
Begitulah. Waktu terus merambat. Cinta yang sejak bayi tiak merasakan susu ibu’a itu pun akhir’a menjadi seorang gadis remaja. Cinta besar didalam kamar.terpasung seperti gadis gila yag celaka. Cinta yang sebelum’a menganggap bahwa dunia ini adalah semesta kegelapan,lambat laun akhirnya cinta mengerti betapa dunia ini sebenar’a tidak gelap dan membosankan, tetapi penuh warna. Cinta tahu itu dari ratih yang setiap hari membawa keperuan untuk diri’a: member makan dan minum, membereskan pakaian’a dan mengantarkan’a ketoiletjika cinta ingin buang air besar maupun kecil.
“mengapa aku tidak bisa mlihat, ratih?” Tanya cinta kepada ratih, pada suatu malam,ketika bintang gmintang tampak begiu berkilau.
“ karena kamu tdak memiliki mata”jawab ratih.
“ Apakah kamu memilki mata, ratih?”
“ Ya, aku memilki mata.”
“ mengapa aku tidak memiliki mata, ratih? Mengapa aku tidak bisa melihat?”
Saat itu ratih tidk menjawab apa-apa. Ratih hanya bisa memeluk cinta dengan begitu erat, sambil membisikkan sepenggal kalimat ditelinga kanan milik cinta, “ semua itu sudah ad yag mengatur, cinta. Kita tidak akan bisa berbuat apa-apa lagi seain menjalani.”
Cintapun tumbuh menjadi seorang gadis remaja yang selalu ingin banyak tahu. Setiap kali cinta mendengar sesuatu, kicau burung misal’a. cinta selalu bertanya kepada ratih: suara apakan itu? Seperti apa bentuk’a? mengapa suara’a seperti itu?lantas ratih akan menjawab panjang lebar, terkadang dibumbuhi dengan sedikit lelucon segar yang selalu membuat cinta tertawa/setidak’a terseyum riang.ratih memang pandai bercerita.maklum, ratih memang gemar mebaca buku.setiap kali cinta bertanya, ratih selalu menjawab.setiap ada sesuatu hal cinta yang tidak mengerti, ratih selalu menjelaskan. Begitulah selalu. Dari waktu kewaktu.sehingga entah mengapa, pada akhir cinta dan ratih salig menyukai dan ingin saling memiliki.
Cinta mencintai raih dalm kegelapan.dalam kegulitaan’a itula akhir’a cinta merasa begitu tersiksa.itu sebab’a, pada suatu malam yang angin’a terasa dingin menggigilkan tulang. Cinta mengatakan kepada ratih betapa diri’a ingin memiliki sepasang mata.
“ berikan aku sepasang mata, ratih.?”
Sejenak ratih terdiam. Tentu saja ratih tidak bodoh, sehingga ratih tidak menannyakan alas an apa cinta ingin memiliki sepasang mata. Tentu saja agar bisa melihat.ratih tahu itu.
Ratih hanya bisa bertanya, “kapan?”
Cintamenjawab, “sekarang. Aku sudah jenuh dengan kebutaan mataku,ratih.aku juga ingin melihat dunia yang kamu lihat. Aku ingin melihat rembulan dan bintang gemintang. Aku ingin melihat kupu-kupu, kucing dll’a.
Ratih tersenyum.
“hanya itu?”Tanya ratih kemudian.
Cinta mengangkt kedua telapak tangan’a, meraba-raba udara dan mencari letak wajah ratih yang sedang berada didepan’a.disentuh wajah rati itu dengan amat lembut dan perlahan.ada yang bergerak-gerak didalam dada ratih ketika merasakan kedua telapak tagan cinta yang halus itu meraba-raba kedua pipi’a.
“tentu saja aku juga ingin melihat wajahmu, ratih.
Aku ingi tahu seperti apa nentuk wajahmu, kupingmu, juga rambutmu.”
“itu sebab’a, berikan aku sepasang mata.”
Cinta masih meraba-raba kedua pipi milik ratih. Sesekali jamari cinta menyentuh hidung dan biir ratih.
Ada kehangatan disana.ratih memejamkan matanya dan menghayati setiap gerak.menikmati setiap jantung yang seperti menyimpan gemuruh ombak didalam’a.
“cinta..”
“hmm..”
“akan aku berikan sepasang mata untukmu.”
“sungguh?”
“ apakah aku pernah tidak bersungguh-sungguh padamu?”
Cinta menggeleng
“ sepasang mata milik siapa kah yang akan kamu berikan untukku,ratih?”Tanya cinta kemudian.
“milikku.”
Cinta terdiam.cinta menarik nafas dalam-dalam.
Cinta merasa segala’a menjadi begitu lengang.
“mengapa kamu terdiam,cinta?adakah yang salah dengan ucapanku?”
“Mengapa kamu rela mengorbankan sepasang matamu untukku?”
Ratih tidak langsung menjawab.dengan perlahan,ratih mencongkel bola mata kiri’a eengan jari telunjuk’a. astaga!tidak ada setetes darah pun yang keluar dari lubang mata’a.ajaib!
“aku rela memberikan mataku ini untukmu, karna aku mencintai kamu cinta.”
Ratih membuka kelopak mata cinta, lantas memasukkan bola mata kiri’a kelubang mata kiri cinta yang kosong itu dengan amat perlahan, setelah berhasil, ratih buru2 menutup kembali mata cinta.”jangan kamu buka dulu matamu sebelum terpasang,” ujar ratih lembut.cinta mengangguk.
Kemudian, ratih mencongkel bola mata kanan’a seperti hal yang pertam Tanya setespun darah yang mengalir. Ratih pun menjadi buta. Kegelapan mnyelimuti diri’a untung saja ratih sudah tahu cara meletakkan mata tersebut dengan benar tanpa kesalahan. Sehingga ratih tidak keliru ketika memasukkan bola matanya kemata cinta.
“ sekarang, coba buka kedua matamu dengan perlahan-lahan,”pinta ratih, pinta ratih dengan suara yang amat halus. Cinta menarik nafas dalam-dalam. Cinta membuka kedua mata’a dengan amat perlahan.
“ bagaimana? Apakah kamu bisa melihat wajahku?” Tanya ratih kemudian. Cinta tidak menjawab apa-apa.

tugas 7

1. 5 konsep pemasaran :

a. Konsep Produksi adalah salah satu dari konsep tertua dalam bisnis. Konsep produksi menegaskan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah. Para manejer perusahaan yang berorientasi produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi, biaya yang rendah, dan distribusi secara besar-besaran.
Mereka mengasumsikan bahwa konsumen terutama tertarik pada ketersediaan produk dan harga yang rendah. Orientasi itu dimaklumi di negara-negara berkembang, dimana konsumen lebih tertarik untuk mendapatkan produk dari pada fiturnya. Orientasi itu juga berguna bila sebuah perusahaan yang ingin memperluas pasar. Konsep ini memiliki kelemahan yaitu produsen menjadi kurang ramah.
b. Konsep Produk menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan ciri paling bermutu, berkinerja, atau inovatif.
Para manajer di organisasi itu memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yang unggul dan meningkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Mereka mengasumsikan bahwa para pembeli mengagumi produk-produk yang dibuat dengan baik serta dapat menghargai mutu dan kinerja. Akan tetapi, para manajer itu kadang-kadang terperangkap dalam kecintaan akan produk mereka dan tidak menyadari apa yang dibutuhkan oleh pasar.
c. Konsep Penjualan berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan bisnis, jika dibiarkan, tidak akan secara teratur membeli cukup banyak produksi-produksi yang ditawarkan oleh organisasi tertentu. Oleh karena itu, organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
Konsep itu mengasumsikan bahwa para konsumen umumnya menunjukkan kelembaman atau penolakan pembelian sehingga harus dibujik untuk membeli. Konsep itu juga mengasumsikan bhwa perusahaan memiliki banyak sekali alat penjualan dan promosi yang efektif untuk merangsang lebih banyak pembelian.
Kebanyakan perusahaan mempraktekkan konsep penjualan ketika mereka mempunyai kapasitas yang berlebih. Tujuan mereka adalah menjual apa yang dihasilkan mereka dan bukannya menghasilkan apa yang diinginkan pasar.
d. Konsep Pemasaran adalah sebuah filosofi bisnis yang menantang tiga orientasi bisnis yang baru saja kita bahas. Konsep ini berkembang sejak tahun 1950 an. Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional yang ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.
Konsep pemasaran telah diekspresikan dalam banyak cara beraneka ragam:
” Penuhilah kebutuhan dengan cara yang menguntungkan ”
” Temukan keinginan dan penuhilah.”
” Cintailah pelanggan, bukan produk.”
” Lakukan dengan cara Anda.” (Burger King)
” Andalah sang bos.” (United Airlines)
“ Utamakan orang-orang.” (British Airways)
“ Bermitra untuk mendapatkan laba.” (Milliken & Company)
Theodore Levitt dari Harvard menggambarkan perbedaan pemikiran yang kontras antara konsep penjualan dan pemasaran.:
Penjualan berfokus pada kebutuhan penjual; pemasaran berfokus pada kebutuhan pembeli. Penjualan memberi perhatian pada kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uang tunai; pemasaran mempunyai gagasan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan lewat sarana-sarana produk dan keseluruhan kelompok barang yang dihubungkan dengan hal menciptakan, menyerahkan dan akhirnya mengkonsumsinya.
Konsep pemasaran berdiri di atas empat pilar: pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu, dan kemampuan menghasilkan laba.
e. Konsep Pemasaran Masyarakat
Konsep pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing dengan tetap memelihara atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen. Konsep ini menegaskan pentinya menghindari konflik yang destruktif di dalam masyarakat.

2. beda dasar & pemasaran :

a. Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional sehari-hari. Perbedaan tersebut karena pasar menurut pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, pengertian pasar bukanlah tempat yang statis.

b. Pengertian pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. Nahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan penjualan. Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan konsumen saja). Tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan, dengan kata lain, tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian konsumen.

3. kebutuhan & keinginan konsep pemasaran :

a. Ada perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia.
b. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial.

4. marketing mix :

Marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market.

tugas 6

1. macam sifat produsen :

Sifat dan Manfaat Produk
Sifat barang merupakan karakter yang melekat pada barang itu sendiri secara fisik dapat dilihat, setiap penjual harus memahami sifat sifat yang ada pada barang dagangannya, karena sangat diperlukan dalam mengatur sirkulasi penggantian barang baik barang yang dipajang di toko maupun barang yang ada dalam persediaan, setiap barang dagangan harus diperlakukan berbeda karena setiap barang memiliki karakter yang berbeda pula, demikian juga dalam melakukan klasifi kasi harus adanya penempatan dan penataan yang sesuai dengan sifatnya masing-masing untuk menghindari terjadinya dampak dari satu barang terhadap barang lainnya, selain itu memberikan kemudahan dalam pemeriksaan dan penggantian setiap barang. Sifat barang dipengaruhi oleh faktor-faktor:
a. Bahan baku yang digunakan pada saat proses produksi,
b. Proses pengolahannya,
c. Daya tahan barang,
d. Cara pemakaian dan pemeliharaan.
Jika dalam proses produksi menggunakan bahan baku bermutu tinggi dan tepat ukurannya dengan pengolahan yang baik, mungkin akan menghasilkan barang yang memiliki daya tahan lama, jika dapat menghasilkan barang yang baik cara pemeliharaannyapun tidak memerlukan waktu dan tenaga yang relatif banyak atau tidak memerlukan penggantian barang dengan segera, sifat barang berpengaruh terhadap manfaat barang dalam pola kosumsi dan pola arus barang di toko. Manfaat barang merupakan faedah yang diberikan suatu barang kepada pemiliknya atau kepada yang membutuhkanya.
Berdasarkan sifat dan tingkat konsumsinya, di mana barang dapat dikategorikan/digolongkan menjadi:
a. Barang tahan lama (Durable goods)
Ialah barang berwujud yang biasanya secara normal dapat bertahan dalam pemakaian berulang kali. Contoh: lemari es, pakaian dan sebagainya.
Barang tahan lama memerlukan penjualan dan pelayanan yang lebih pribadi, menguasai margin yang lebih tinggi dan memerlukan jaminan-jaminan yang lebih besar dari penjual.
b. Barang tidak tahan lama (non durable goods)
Ialah barang berwujud yang secara normal dapat dikomsumir sekali atau beberapa kali contoh: daging, sabun, mengingat barang-barang ini dikonsumsi dengan cepat dan sering dibeli, maka barang tersebut tersedia diberbagai tempat, menguasai margin yang lebih kecil dan memupuk kesetiaan pada satu merek.
c. Barang yang bersifat klasikal
Ialah barang yang digemari dan disukai konsumen sepanjang masa meskipun ada model dan produk baru, biasanya penggemar model ini merupakan fanatik terhadap merek barang tertentu karena dapat memberikan kebanggaan dan kepuasan tertentu misalnya blue jeans merek Levi’s.
d. Barang yang bersifat kotemporer
Sifat barang yang kotemporer dipengaruhi trend dan kegemaran konsumen, barang semacam ini akan memberi manfaat ekonomis terhadap penjual jika selalu mengikuti perkembangan trend yang terjadi di masyarakat, dan manfaat yang diberikan barang kepada konsumen rasa percaya diri, karena mengikuti trend lingkungannya.
e. Barang yang bersifat Adjustable
Adalah barang yang menyesuaikan dengan mengikuti perubahan iklim, dan barang semacam ini akan dirasakan manfaatnya jika terjadi perubahan musim,
seperti musim penghujan dan kemarau. Misalnya payung.
f. Barang yang bersifat luxirius
Adalah barang yang sifatnya mewah dan konsumennya dari golongan tertentu dan toko biasanya menyediakan ruang khusus dengan maksud untuk mempertahankan karakteristiknya, klasifikasi yang dilakukan toko biasanya terpisah dan relatif ketat dalam pengawasanya, manfaat yang dirasakan oleh konsumen adalah kemewahan dan kelas tersendiri karena memberikan gengsi tersendiri, contohnya berlian.
g. Barang yang bersifat Prestisius
Adalah barang yang memberikan kedudukan tersendiri dalam kehidupan sosial seseorang dan biasanya ditata dan dikelompokan secara eklusif di dalam toko, manfaat yang dirasakan konsumen adalah image tertentu jika menggunakan barang tersebut misalnya jika menggunakan dasi.
h. barang yang bersifat praktis
Adalah barang yang penggunaannya tidak rumit dan berkesan santai, manfaat yang dirasakan konsumen adalah kemudahan dalam pemakaiannya dan rasa santai dan biasanya digunakan dalam kegiatan keseharian di luar dinas misalnya memakai T Shirt, sandal atau jaket.

2. pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi:
secara umum : suatu produk yang dilakukan dengan menukar barang/jasa secara langsung dan memakai proses.
secara ekonomi:
Para ahli ekonomi mendefinisikan produksi sebagai “menghasilkan kekayaan melalui eksploitasi manusia terhadap sumber-sumber kekayaan lingkungan” Atau bila kita artikan secara konvensional, produksi adalah proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada.

3. 5 tanggung jawab :
1. Proses, sangat menetukan apakah perushaan bisa survive/tidak untung/rugi. Proses yanggener ated dan panjang, akan meningkatkan cost, sebaliknya makin sederhana prosesnya akan menurunkan cost.
2. Capacity (out put per satuan waktu), sangat penting untuk menjamin kontinuitas suplai. Kalau demand besar maka capacity harus besar.
3.inventory (persediaan), merupakan sumber daya yang menganggur dan memberi nialai lebih jika sudah dijual. Inventory tidak boleh terlalu tinggi, karena dapat mengganggu cash-flow, tetatpi juga
tidak boeh terlalu rendah karena sangat berisiko tinggi bagi perusahaan (bisa
meyebabkan loss of sale)
4. Quality (derjat kepuasa, cocok dengan tujuan penggunaan) bisa membangun kepercayaan.
5. Man power, merupakan unrecoveded assets, harus menguasai teknologi.

tugas 5

1. perbedaan manajemen & organisasi:

Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut, adapun persamaan dari organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

2. manajemen dibutuhkan dalam setiap activitas

Informasi dan pengetahuan sangat dibutuhkan perusahaan. Pada sebuah Instansi, manajemen selalu terlibat dalam serangkaian where(di mana), who(siapa), why(mengapa), dan . Wawasan ini penting sebagai sumber pengetahuan dalam menolong perusahaan pertanyaan tersebut merupakan alasan mengapa manajemen pengetahuan dibutuhkan. Bagi perusahaan yang . Tingkatan paling terpadu adalah perusahaan-perusahaan Siapa yang seharusnya melakukan riset yang dibutuhkan. Dalam Kemajuan dan Tantangan Pada Keuangan Manajemen Pub. memberikan kemampuannya secara maksimal pada perusahaan. Mengapa Karena itu dibutuhkan promosi intensif untuk dan apakah pemegang saham berhak terlibat dalam manajemen .
Seperti tiap orang yang ingin karirnya maju, masa depan karir Anda juga ditentukan oleh keterampilan yang Anda miliki dan dapat Anda "jual" pada perusahaan..Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan perkerjaan melalui orang Mengapa Manajemen Dibutuhkan ? Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa .Artinya setiap perusahaan memiliki inovasi manajemen dengan teknik dan keunggulannya masing-masing. itu kemampuam manajemen yang dibutuhkan bukan saja dalam dimensi .Manajemen strategis memiliki peran yang signifikan dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuannnya. Misi perusahaan merupakan tujuan dan alasan mengapa perusahaan ada.

3. prinsip koordinasi & mengapa prinsip tsb dibutuhkan

suatu usaha yang sinkron & teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam & harmonis pada sasaran yang dituju dengan memberikan dan melaksanakan / menjaga dengan keselarasan yang semestinya.

4. faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi

Beberapa faktor yang dapat mempngaruhi motivasi kelompok (teamwork)
dalam bekerja dapat dikategorikan sebagai berikut:

Tujuan
Visi, misi dan tujuan yang jelas akan membantu team dalam bekerja. Namun
hal tersebut belum cukup jika visi., misi dan tujuan yang ditetapkan
tidak sejalan dengan kebutuhan dan tujuan para anggota..

Tantangan
Manusia dikarunia mekanisme pertahanan diri yang di sebut "fight atau
flight syndrome". Ketika dihadapkan pada suatu tantangan, secara naluri
manusia akan melakukan suatu tindakan untuk menghadapi tantangan
tersebut (fight) atau menghindar (flight). Dalam banyak kasus tantangan
yang ada merupakan suatu rangsangan untuk mencapai kesuksesan. Dengan
kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivator.

Namun demikian tidak semua pekerjaan selalu menghadirkan tantangan.
Sebuah team tidak selamanya akan menghadapi suatu tantangan.
Pertanyaannya adalah bagaimana caranya memberikan suatu tugas atau
pekerjaan yang menantang dalam interval. Salah satu criteria yang dapat
dipakai sebagai acuan apakah suatu tugas memiliki tantangan adalah
tingkat kesulitan dari tugas tersebut. Jika terlalu sulit, mungkin dapat
dianggap sebagai hal yang mustahil dilaksanakan, maka team bisa saja
menyerah sebelum mulai mengerjakannya. Sebaliknya, jika terlalu mudah
maka team juga akan malas untuk mengerjakannya karena dianggap tidak
akan menimbulkan kebanggaan bagi yang melakukannya.

Keakraban
Team yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akraban satu sama lain,
setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan. Para anggota team saling
menyukai dan berusaha keras untuk mengembangankan dan memelihara
hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal menjadi sangat penting
karena hal ini akan merupakan dasar terciptanya keterbukaan dan
komunikasi langsung serta dukungan antara sesama anggota team.

Tanggungjawab
Secara umum, setiap orang akan terstimulasi ketika diberi suatu
tanggungjawab. Tanggungjawab mengimplikasikan adanya suatu otoritas
untuk membuat perubahan atau mengambil suatu keputusan. Team yang diberi
tanggungjawab dan otoritas yang proporsional cenderung akan memiliki
motivasi kerja yag tinggi.

Kesempatan untuk maju
Setiap orang akan melakukan banyak cara untuk dapat mengembangkan diri,
mempelajari konsep dan ketrampilan baru, serta melangkah menuju
kehidupan yang lebih baik. Jika dalam sebuah team setiap anggota merasa
bahwa team tersebut dapat memberikan peluang bagi mereka untuk melakukan
hal-hal tersebut di atas maka akan tercipta motivasi dan komitment yang
tinggi. Hal ini penting mengingat bahwa perkembangan pribadi memberikan
nilai tambah bagi individu dalam meningkatkan harga diri.

Kepemimpinan
Tidak dapat dipungkiri bahwa leadership merupakan faktor yang berperan
penting dalam mendapatkan komitment dari anggota team. Leader berperan
dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi team untuk bekerja dengan
tenang dan harmonis. Seorang leader yang baik juga dapat memahami 6
faktor yang dapat menimbulkan motivasi seperti yang disebutkan diatas.

5. manajer efektif dan manajer efisien


seseorang yang bisa bertanggung jawab dengan tugasnya seperti kariawan dll, dan memasuki keriteria yang bernilai baik dan layak menjadi manajer yang ternama.

Senin, 01 November 2010

tugas 4

Apa Perbedaan Dari:
a. Merek atau merek dagang adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk atau jasa dan menimbulkan arti psikologis atau asosiasi.

b. Nama merek menurut teorinya bisa menimbulkan dua asosiasi dalam benak konsumen, yaitu asosiasi tentang nama itu sendiri (terlepas dari merek yang diberi nama) dan asosiasi-asosiasi yang dipelajari konsumen untuk dikaitkan dengan nama merek itu dalam penggunaannya sebagai nama merek.

c. Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

d. Merek adalah asset bisnis dan usaha. Merek sangat erat dengan busines image, goodwil dan reputasi. Merek dagang adalah : merek yang digunakan pada barang.

e. Hak cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan.

contoh:
1. rokok jarum